Selasa, 18 Oktober 2016

Proses Pembelajaran


Dalam proses pembelajaran terdapat dua tipe pembelajaran bahasa, yaitu tipe naturalistik dan tipe formal di dalam kelas. Pertama, tipe naturalistik yaitu bersifat alamiah, tanpa guru, serta tanpa kesengajaan. Pembelajar dalam tipe ini terjadi dalam lingkungan suatu masyarakat atau keluarga yang dalam lingkungan keluarganya menggunakan bahasa pertama (B1), misalnya bahasa Jawa, begitu keluar rumah berjumpa dengan teman-temannya yang berbahasa lain (bahasa Indonesia).

Tipe kedua, yaitu tipe formal berlangsung di dalam kelas. Berbeda dengan tipe naturalistik, tipe ini seharusnya hasil yang diperoleh lebih baik dari tipe naturalistik. Dalam tipe formal ini segala proses dan prosedur belajar bahasa sudah dipersiapkan, dengan adanya guru, materi, alat-alat bantu belajar, dsb. Tahapan ini mengungkapkan bahwa pembelajar B2 melakukan serangkaian sirkulasi informasi antara rangsangan bahasa kedua dari luar menuju ke otak dan selanjutnya diproduksi. Rangsangan tersebut berasal dari input yang berasal dari guru, orang di sekelilingnya, maupun dari teman sebaya, berupa bunyi bahasa, kosa kata, atau gramatika bahasa tersebut. Selanjutnya, setelah proses input B2 dan pengolahannya yang terjadi dalam otak pembelajar B2 akan memroduksi pengetahuannya dalam bentuk lisan yang berupa ujaran maupun dalam bentuk tulis. Teori pemetaan menerangkan bahwa pembelajar B2 cenderung membagi antara bentuk eksternal dan fungsi internal sebuah kata. Bentuk sebuah benda leksikal diwujudkan melalui suara yang diperoleh dari pengucapan, sedangkan secara fungsi ia mengandung makna semantik.

Ketiga teori koneksionisme. Koneksionisme artinya paham mengenai hubungan, yaitu hubungan menguatkan antara stimulus dan respon yang mempengaruhi otak ketika proses pembelajaran B2 berlangsung. Keterhubungan tersebut menguat apabila pelajar lebih sering terekspos oleh masukan/stimulus-stimulus B2; pada saat ini mereka melakukan proses asosiasi berulang-ulang sehingga kemungkinan besar proses pemahaman bahasa asing lebih kuat. Perbedaan hasil pembelajaran antara pembelajar  satu dengan lainnya bisa saja berbeda. Perbedaan di sini mencakup usia, jenis kelamin, motivasi, bakat, gaya kognitif, kepribadian, dan strategi belajar. 

0 komentar:

Posting Komentar