Perkembangan
pemerolehan bahasa anak dibagi atas tiga bagian penting yaitu: perkembangan
prasekolah, perkembangan ujaran kombinatori, dan perkembangan masa sekolah. Perkembangan
pemerolehan bahasa pertama anak pada masa prasekolah dapat dibagi lagi atas
perkembangan pralinguistik, tahap satu kata dan ujaran kombinasi permulaan.
Pada masa perkembangan pralinguistik anak mengembangkan konsep dirinya.
Tindakan pada tahap satu kata, anak terus menerus berupaya mengumpulkan nama
benda-benda dan orang yang ia jumpai.
Pada tahap dua ada tiga sarana ekspresif
yang dipakai oleh anak-anak, yang dapat membuat kalimat-kalimat mereka menjadi
lebih panjang, pengertian atau penyambungan bersama-sama hubungan dua hal
tersebut, dan perluasan istilah dalam suatu hubungan. Perkembangan ujaran
kombinatori terlihat dalam perkembangan negatif/ penyangkalan.
Perkembangan
interogatif/pertanyaan. Pada tahap ini anak mengekspresikan pertanyaan dengan
susunan gramatika yang sederhana. Misalnya ketika anak melihat benda mainan baru
di lingkungan temannya anak sudah mampu merangkai kalimat /Sepeda siapa?/ Perkembangan penggabungan kalimat.
0 komentar:
Posting Komentar