Selasa, 18 Oktober 2016

Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Kedua


Pengajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua terjadi ketika negara Republik Indonesia baru didirikan, yaitu pada awal 1950-an, banyak bangsa lain yang menyatakan kekagumannya terhadap bangsa Indonesia karena dua hal. Pertama, karena berbeda dengan negara lainnya, Indonesia merebut kemerdekaan dengan cara perjuangan fisik serta diplomasi yang cukup seru, sehingga melibatkan PBB dan negara-negara maju lainnya. Kedua, karena bangsa Indonesia sejak awal sudah memiliki bahasa nasional sendiri, yaitu bahasa Indonesia.

Kita tentu paham, masih ada bahasa-bahasa daerah yang perlu dilestarikan. Bahkan ada yang mencatat, bahasa daerah di negara Indonesia mencapai 700 bahasa daerah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bahasa daerah tidak ada yang menjadi bahasa nasional, tetapi kelestariannya dijamin Undang-Undang Dasar 1945. Perspektif yang ada saat ini adalah bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua dan bahasa daerah sebagai bahasa pertama yanghidup berdampingan tanpa adanya gangguan serta kerugian dalam masing-masing bahasa tersebut.


Dalam pengamatan umum, anak-anak adalah peniru yang baik. Segala sesuatu yang ia lakukan adalah tiruan dari orang-orang di sekitarnya. Tahap-tahap paling dini pemerolehan bahasa anak-anak memunculkan banyak sekali peniruan karena bayi mungkin tidak menguasai kategori-kategori semantik untuk memaknai ujaran. Namun, mereka memiliki rasa perhatian terhadap orang-orang di sekitar mereka. Proses belajar-mengajar bahasa di dalam kelas secara berturut-turut akan dijumpai 1) murid; 2) guru; 3) bahan pelajaran; dan 4) tujuan pengajaran.


Dalam masyarakat yang multilingual, multirasial, dan multikultural, faktor kebahasaan, kebudayaan, sosial, dan etnis juga merupakan variabel yang dapat memengaruhi keberhasilan pengajaran bahasa Indonesia. Pembelajaran bahasa di sekolah harus diselenggarakan sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa, yaitu:

Humanis.

Prinsip hakikat manusia apabila mengajarkan bahasa harus memperhatikan manusia yaitu: Manusia yang memiliki bekal yang sama. Misalnya hidung, mata , telinga dan sebagainya, tetapi ada yang cacat. Namun semua anak dengan kondisi apapun mendapat kesempatan berbahasa dan belajar bahasa.
Progresif

Apabila mengajarkan bahasa harus maju berkelanjutan. Artinya belajar bahasa harus mengalami peningkatan sesuai dengan sistem bahasa tersebut, misalnya setelah anak mengenal bunyi, anak berusaha mengucapkan bunyi atau kata sesuai dengan pelafalan yang benar. Setelah mengucapkan kata sesuai dengan pelafalan baku selanjutnya merangkai kata tersebut menjadi sebuah kalimat. Selain kemajuan dalam bidang mendengar dan berbicara, belajar bahasa juga harus mengalami kemajuan, misalnya kemampuan menulis dan pembelajaran bahasa haruslah bersifat progresif, juga perlu adanya pengetahuan dan kreatifitas.

Konstruktivisme

Membangun bahasa, misalnya pertama-tama tahu satu kata, dua kata dan sebagainya. Belajar bahasa merupakan belajar kreatif, belajar bahasa sama dengan menyusun pengalaman. Mengkonstruksikan pengalaman menjadi sebuah cerita atau tulisan dengan media bahasa.

0 komentar:

Posting Komentar